Jumat, 19 Juli 2013

Komputasi Perusahaan


Komputasi Perusahaan


Komputasi perusahaan meliputi penggunaan komponen-komponen dalam jaringan-jaringan yanng mencakup beragam sistem operasi, protokol, dan arsitektur jaringan yang berbeda.
Perusahaan biasanya atas sebuah kantor pusat perusahaan, kantor-kantor cabang di tempat yang baisanya jauh, kantor-kantor internasional, serta ratusan badan usaha yang beroprasi sendiri yang disebut sebagai unit-unit fungsional.
Jenis-jenis unit fungsional dalam sebuah perusahaan manufakur standar adalah: akuntansi dan keuangan, sumber daya manusia, rekayasa, manufakur, penjualan, distribusi, pelayanan pelanggan, serta teknologi informasi. Dan setiap unit-unit fungsional ini memiliki kebutuhan-kebutuhan khusus untuk sistem informasi mereka.

Struktur organisasi sebuah perusahaan

Tingkat pengguna
Dalam sebuah perusahaan, para pengguna biasanya masuk ke dalam satu dari empat kategori berikut: 

a. Manajemen eksekutif, yang mengambil keputusan-keputusan strtegis. Contoh jabatan pekerjaan meliputi direktur eksekutif, direktur informasi, direktur, wakil direktur.

b. Manajemen menengah, yang mengambil keputusan-keputusan taktis. Contoh jabatan pekerjaan meliputi direktur hubungan masyarakat, manajemen personalia, manejer pembelian.

c. Manejemen operasional, yang mengambil keputusan-keputusan operasional. Contoh jabatan pekerjaan meliputi manejer kantor, pengewas lantai took, pengawas.

d. Karyawan-karyawan nonmanajemen, yang mengambil keputusan-keputusan lapangan. Contoh jabatan pekerjaan meliputi akuntan, insinyur, sekertaris, petugas penerima pesanan.

Bagaimana majer menggunakan informasi
Informasi perusahaan adalah informasi yang dikumpulkan dalam operasi-operasi yang tengah berlangsung dalam sebuah organisasi berukuran besar. Semua karyawan, termasuk manejer, dalam sebuah perusahaaan membutuhkan informasi akurat untuk menjalankan pekerjaan-pekerjaan mereka secara efektif. Para manejer bertanggung jawab untuk mengkordinasi dan mengendalikan sumber-sumber daya sebuah organisasi. Sumber daya meliputi m,manusia, uang, bahan-bahan, dan informasi. Para manejer mengkordinasikan sumber-sumber daya ini dengan menjalankan empat aktivitas :

a. Merencanakan berkaitan dengan menetapkan tujuan dan sasaran.
b. Mengatur meliputi hal mengenali dan menggabungkan sumber-sumber daya, seperti uang dan manusia, agar perusahaan dapat mencapai tujuan dan sasaran-sasarannya.
c. Memimpin, yang terkadang juga disebut mengarahkan, adalah menyampaikan perintah-perintah serta member wewenang kepada orang lain untuk menjalankan pekerjaan yang diperlukan.
d. Menegndalikan adalah mengukur kinerja dan jika perlu, mengambil tindakan yang bersifat perbaikan.

SISTEM INFORMASI DALAM PERUSAHAAN

Sistem informasi adalah sekumpulan perangkat keras, peranti lunak, data, manusia, dan prosedur yang bekerjasama untuk menghasilkan  informasi.

Sistem informasi dalam unit-unit fungsional

Unit Funsional

penjelasan
Akuntansi dan keuangan
Bertanggung jawab mengelola keuangan perusahaan. Depertemen akuntasi melacak setiap transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan. Depertemen keuangan mengelola keuangan bisnis seefien mungkin.
Sumber daya manusia
Bertanggung jawab merekrut dan menaikkan jabatan karyawan, memelihara riwayat pekerjaan karyawan, mengevaluasi karyawan, melatih karyawan, serta mengelola kepentingan dan kompensasi karyawan.
Rekayasa dan pengembangan produk
Bertanggung jawab mengembangkan ide-ide menjadi produk yang dapat digunakan pelanggan. Memastikan bahwa produk tersebut dapat dibuat secara efektif dan merancanh metode-metode untuk membuat produk.
Manufaktur
Bertanggung jawab mengubah bahan-bahan mentah menjadi produk fisik.
Pemasaran
Bertanggung jawab meneliti pasar dimana sebuah perusahaan beroprasi untuk menentukan produk-produk dan fitur-fitur yang sebaiknya dikembangkan perusahaan. Menentukan demografis untuk dijadikan sasaran usaha-usaha penjualan dan menginformasikan pasar yang dituju tentang produk-produk perusahaan tersebut melalui iklan dan pendidikan.
Penjualan
Bertanggung jawab menjual barang dan jasa perusahaan.
Distribusi
Bertanggung jawab mengirimkan produk-produk kepada pelanggan.
Layanan pelanggan
Bertanggung jawab memelihara hubungan dengan pelanggan, baik sebelum maupun sesudah penjualan diilakukan.
Teknologi informasi
Bertanggung jawab merancang, membeli, menimplementasikan, menguji, serta mengelola sistem informasi bagi seluruh perusahaan. Juga disebut departemen pelayanan informasi.


TEKNOLOGI-TEKNOLOGI UNTUK PERUSAHAAN

Sebagian teknologi termasuk portal, pertukaran data elektronik, gudang-gudang data, ekstranet, layanan web, aliran kerja, dan virtual private network.

a. Portal
Portal adalah sekumpulan link, muatan, dan layanan yang ditampilkan pada sebuah halaman web dan dirancang untuk memandu untuk memandu para pengguna menuju informasi yang kemungkinan menarik untuk fungsi pekerjaan tertentu mereka.

b. Pertukaran data elektronik
Pertukaran data elektronik adalah serangkaian standar yang mengatur perpindahan data dan informasi bisnis diantara koomputer-komputer, baik di dalam suatu perusahaan besar maupun di antara perusahaan-perusahaan besar.

c. Gudang data
Gudang data adalah basis data yang luar biasa besar yang menyimpan dan mengelola data yang dibutuhkan untuk menganalisis transaksi-transaksi yang telah dan sedang terjadi.

d. Ekstranet
Ekstranet adalah sebagaian dari jaringan yang memungkinkan para pelanggan atau pemasok perusahaan tersebut mengkases bagian-bagian dari internet perusahaan besar.

e. Layanan web
Layanan web meliputi serangkaian teknologi peranti lunak yang relatif baru yang memungkinkan perusahaan menciptakan produk-produk dan interaksi-interaksi B2B melalui internet.

f. Aliran kerja
Aliran kerja adalah proses yang telah ditetapkan yang mengidentifikasi serangkaian langkah spesifik yang terkait dalam penyelesaian sebuah proyek atau proses bisnis tertenntu.

g. Virtual private network
Virtual private network memberi mereka sambungan yang aman ke server jaringan perusahaan tersebut, seolah-olah, mereka memiliki jalur pribadi.

E-COMMERCE
Beberapa sector pasar telah memanfaatkan peluang bisnis di web. Segmen-segmen pasar popular meliputi penjualan ritel, keuangan, hiburan dan media, perjalanan, serta kesehatan. Beberapa alinea berikut menggambarkan bagaimana masyarakat umum berinteraksi dengan setiap jenis perusahaan besar web berikut ini.

a. E-Retailing
Penjualan ritel adalah salah satu sektor pasar e-commerce yang paling terlihat. Dalam ritel, para penjual menjual produk dan layanan secara langsung kepada seorang pembeli.

b. Keuangan
Banyak situs web menyediakan informasi medis, kebugaran, nutrisi, atau olahraga yang terbaru. Seperti informasi lainnya pada web, para pengguna harus menguji  legitimasi situs web tersebut sebelum mengandalakan informasi di dalamnya.

c. Hiburan dan media
Teknologi dibelakang web telah membuat hiburan dan media mengambil berbagai bentuk. Music, video, acara olahraga, dan game 3-D multiplayer adalah bagaian dari masa depan web yang sedang berkembang.

d. Perjalanan
Web menyediakan banyak layana yang berhubungan dengan perjalanan. Jika membutuhkan petunjuk arah, kita hanya tinggala memasukkan titik awal serta tujuan, dan banyak situs web menyediakan petunjuk arah yang terinci beserta dengan peta. Para pengguna dapat membuat reverasi maskapai penerbanagn dan memesan hotel atau lomba.

e. Layanan bisnis lainnya
Perusahaan-perusahaan besar menggunakan web untuk menyediakan layanan-layanan bagi konsumen dan perusahaan-perusahaan lainnya. Hubungan masyarakat, periklanan online, surat menyurat, perekrutan, kredit, penjualan, penelitian pasar, dukungan teknis, pelatihan, konsultasi, peranti lunak, dan akses internet adalah beberapa bidang layanan tersebut.

PERANTI LUNAK UNTUK PERUSAHAAN BESAR
Peranti keras untuk perusahaan besar memungkinkan orgaanisasi-organisasi besar untuk mengelola dan menyimpan informasi serta data menggunakan peralatan yang dilengkapi untuk penggunaan yang berat, ketersediaan maksimum, efisien maksimum.

a. RAID
Untuk aplikasi-aplikasi yang bergantung pada akses data yang dapat diandalkan, para pengguna harus mendapati data tersebut tersedia ketika mereka mencoba mengaksesnya. Sebagian pabrik menyediakan sejenis system hard disk yang lebih kecil menjadi satu unik tunggal yang berperan seperti sebuah hard disk besar. Kelompok dari dua hard disk atau lebih yang terintegrasi disebut RAID (redundant array of independent disks).

b. Network attached storage area network
Network attached storage adalah sebuah server yang ditempatkan pada suatu jaringan dengan tujuan tunggal, yaitu media penyimpanan bagi bagi para pengguna dan sistem informasi yang dihubungkan pada jaringan tersebut. Sedangkan storage area network adalah jaringan berkecepatan tinggi dengan tujuan utama menyediakan media penyimpanan bagi server-server lain dihubungkan ke server tersebut .

c. Sistem penyimpanan perusahaan besar
Sistem penyimpanan perusahaan besar adalah suatu strategi yang berfokus pada kesediaan, perlindungan, perlindungan, pengaturan, dan back up media penyimpanan dalam suatu perusahaan.

d. Blade server
Blade server, memuat suatu server web atau server jaringan pada suatu kartu tunggal, atau blade, alih-alih pada suatu unit sistem.

e. Sistem dengan ketersediaan tertinggi
Sistem dengan ketersediaan tertinggi terus berjalan dan melakukan tugas-tugas paling sedikit 99 persen dari ketersediaan tinggi tersedia 99,99 persen dari keseluruhan waktu.
Sistem-sistem  dengan ketersediaan tinggi sering kali meyertakan suatu fitur tang disebut hot-swapping  yang memungkinkan komponen-komponen, seperti hard disk RAID atau catu daya, diganti sementara sistem lainnya terus menjalankan tugas-tugasnya. Suatu sistem dengan ketersediaan tinggi juga memungkinkan menyertakan komponen-komponen berlebihan seperti catu daya berleb, memungkinkan suatu komponen yang berfungsi mengambil alih secara otomatis tugas-tugas tetapi komputer serupa yang rusak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar