Jumat, 19 Juli 2013

Istilah jaringan-jaringan komputer


Jaringan komputer bisa di artikan suatu kumpulan yang terdiri dari dua computer atau lebih yang saling berhubungan mencakup komputer dan perangkat keras lain nya seperti printer,scanner,dsb.
Jaringan dihubungkan melalui kabel atau media lain yang tidak menggunakan kabel misalnya gelombang radio.
Istilah jaringan antara lain :

1. SERVER

server merupakan sebuah komputer yang khusus menyimpan dan menyediakan data,biasanya computer server memiliki spesifikasi perangkat keras khusus yang lebih tinggi disbanding komputer lain nya.

2. CLIENT
Client adalah komputer yang digunakan User untuk meminta atau 
mengakses file atau data yang terdapat/disediakan dari komputer server.

3. Nude
Nude mencakup semua Perangkat keras yang terhubung ke jaringan contohnya server,komputer client,printer,scanner,dsb

4. PEER TO PEER
Peer to per sering disebut juga Workgrup yaitu digunakan untuk berbagai keperluan sharing data atau printer antara komputer yang ada dalam sebuah jaringan.

5. HTML
HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

6. HTTP
HTTP Singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yang mana adalah suatu protokol yang digunakan oleh World Wide Web. HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client.

HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini. Sebagai contoh, ketika Anda mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser Anda, maka sebenarnya web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server.
Web server kemudian akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser (misalnya akses ke database, file, e-mail dan lain sebagainya). Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada pengguna.

7. URL
Pengertian URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya.

8. FTP
File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.
Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.
FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.
FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.
Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
• Untuk tujuan sharing data
• Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
• Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
• Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien
8. DOMAIN
DOMAIN  adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

9. WWW
Www atau World Wide Web maupun Web saja adalah sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext yang berisi beragam informasi, baik tulisan, gambar, suara, video, dan informasi multimedia lainnya dan dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser.

10. LOCAL AND REMOTE
Istilah local merupakan sumberdaya dalam sebuah komputer baik Hardware atau Software.bila kita ingin mengakses sumberdaya pada komputer tersebut tanpa jaringan maka hal tersebut disebut local dan sebaliknya bila memakai jaringan maka istilah tersebut disebut Remote.

11. PROTOCOL
Protocol bisa juga disebut bahasa yang digunakan dalam sebuah jaringan misalnya kita umpamakan sebuah jaringan merupakan sekumpulan orang yang saling berkomunikasi maka mereka menggunakan bahasa yang sama agar lancer dalam berkomunikasi,nah bahasa tersebut bisa dikatakan sebagai protocol. TCP/IP (transmission control protocol/internet protocol) merupakan salah satu protocol yang paling umum yang sering digunakan sehingga dikenal di berbagi macam jaringan,contoh lain adalah interpacket exchange IPX yang digunakan oleh system operasi Novell Netware.

12. ROUTER
Router berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan yang memiliki segmen yang berbeda, untuk membedakan router dengan bridge, dapat di umpamakan bus antar kota. Bridge dapat diibaratkan AKDP(Antar Kota Dalam Propinsi), sedangkan Router Diibaratkan AKAP (Antar Kota Antar Propinsi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar